Wednesday, October 19, 2011

Tentang amalan..

Seorang berkeluh kesah tentang kehidupannya, lalu mulai bercerita, "aku susah dengan hidupku, banyak masalah.. ini, itu, dan sebagainya..". Hanya bisa tersenyum dengan celotehnya, "semua orang juga punya masalah bro..", lalu dia mulai sedikit sewot.. "aku tidak sekuat orang lain teman, aku sepertinya tidak sanggup".. Menghela nafas sejenak, "hmmm, pren.. kamu tahu.. masalah manusia yang sebenarnya adalah masalah-masalah setelah mati, setelah dia masuk ke dalam kubur.. hari gini, banyak yang sering berkeluh kesah dengan masalah mereka.. sungguh rasulullah pernah mengajarkannya, bagaimana menyelesaikan masalah.. yaitu dengan amalan, selesaikan masalah dengan sabar dan sholat, maka akan datang pertolongan ALLAH.. sabar, berarti selepas ikhtiar.. ikhtiar sesanggupnya, semaksimal kita bisa.. setelah itu sholat dan do'a".

Sepertinya dia nggak terima nih, lalu dia melanjutkan celotehnya, "ngomong sih gampang, nyatanya.. masalahku tidak selesai juga..?!!?". Aku, sedikit terkejut.. dan menundukkan kepala, "ini yang aku takutkan pada umat ini, mereka beramal tapi tidak yakin dengan pertolongan ALLAH, mereka beramal tapi amalan mereka tidak bisa membantu urusan mereka di dunia.. jika urusan di dunia tidak bisa diselesaikan dengan amalan, bagaimana dengan urusan mereka di akhirat? padahal nanti, di akhirat.. ada barzakh, ada sirot, ada mizan, dan banyak sekali kejadian-kejadian yang hanya bisa diselesaikan dengan amalan kita di dunia...".

Aku meninggalkannya, dengan mata berlinang.. khawatir dengan kampung akhiratku, khawatir dengan kesudahan hidupku kelak.. apa yang sudah aku buat, apa yang akan aku bawa?.. Ya Rabb, pahamkan kami atas agama ini, jangan sampai salah paham.. kekalkan hidayah dalam hati kami, sempurnakan iman yaqin kami bahwa hanya Engkau saja wahai Dzat yang berkuasa atas segala perkara.. la quwata ila billah.. amin, Allahuma amin..

prepare your jannah please.. wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...