Saturday, June 5, 2010

Ba'da Isya di musholah asrama ITS

Hari itu singgah di ITS sholat maghrib di masjid manarul ilmi ITS dan ada keinginan untuk sholat Isya di musholah asrama ITS. Saat tiba selepas maghrib di asrama, ada banyak mahasiswa ITS semester 2 sedang kumpul dan cerita kesana kemari dan bergabunglah aku di dalamnya, sembari berbasa-basi dan join dalam majelis mereka lalu kenalan sama mereka semua, bercrita tentang maksud hidup, karir dan banyak hal. Selepas adzan isya lalu sholat isya berjama'ah, seorang mahasiswa meminta aku memberi sedikit kultum untuk ahli sholat isya. Haallaaaahhh, ada-ada saja.. aku ini statusnya musafir di musholah kalian.. hufff, akhirnya maju juga karena dipaksa-paksa...

"assalamu'alaykum warohmatullah, syukur pada ALLAH swt karena hidayah dan karuniaNya saja kita bisa berkumpul di masjid ALLAH swt. Tanda ALLAH swt cinta pada hambaNya bukan dengan diberi harta yang banyak, bukan dengan pangkat yang tinggi tetapi ALLAH swt pahamkan hambaNya atas agama dan dimudahkan hambaNya tersebut untuk amalkan agama. Maka malam ini pantas kita bersyukur pada ALLAH swt, di musholah ini dipilih olehNya untuk sholat isya berjama'ah, alhamdulillah.."

Taik nafas dulu, lalu lanjutkan, "begitu mulianya umat akhir jaman, umur mereka pendek-pendek, tubuh mereka kecil kecil tetapi masuk surga lebih dahulu dari umat terdahulu, bahkan aib mereka di dunia ditutupi dengan hijab yang berlapis-lapis... jika kita ini umat Nabi Musa as, umurnya panjang-panjang hingga ratusan tahun, tubuhnya besar dan kuat, jika buat dosa maka dosanya tertulis di depan pintu rumah mereka... tapi hari ini, umat Nabi Muhammad saw, umur singkat, amalan sedikit, tapi kalau buat dosa tidak tertulis di depan kamar kosnya tentang dosanya... memang tidak di dunia, tapi di akherat.. tahukah kamu apa akibatnya bila tinggalkan sholat fardhu??? Sekali tinggalkan sholat yang wajib, maka telah tertulis di depan pintu neraka namanya dan dia wajib masuk ke dalam neraka selama 80 tahun, na'udzuillah"

Tarik nafas lagi, "perkara agama bukan perkara main-main dan senda gurau, ini tentang karir akhiratmu, kamu mau ke mana maka di sinilah tempat kamu menata akhiratmu, jika hari ini kalian kuliah sungguh-sungguh karena dalam benak kalian jika IP tinggi, lulus jadi sarjana teknik maka kamu akan mudah mendapat kerja dan menata karirmu di dunia... bukankah demikian!! Maka bagaimana dengan karir akhiratmu? sudahkah dipikirkan apa yang akan kamu persiapkan??? Malam ini saya berdiri di sini bukan untuk bicara yang muluk-muluk, cerita yang tinggi-tinggi dan sulit untuk diraih, saya akan hanya cerita yang sederhana dan mudah dipahami oleh kalian para mahasiswa ITS sekalian" (halah, yang ini apa pula... ahak, alamaterku jaaaayaaaa, hi3x.. hymne ITS mode on)

Lanjut lagi, "jadi saudara-saudara yang dimuliakan ALLAH swt, hari ini sedang kisruh masalah Israel yang menyerang kapal bantuan ke gaza, hari ini mungkin kita sebal, marah, dan banyak hal, termasuk mengutuk tindakan keji Israel.. padahal jika kalian melakukan perkara yang sama dengan yang dahulu pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya, maka kemuliaan akan bersama kalian... haya ala sholah, haya alal falah, kamu kerjakan sholat maka falah (kemenangan) akan diberikan ALLAH swt pada kamu, secara otomatis.. jika para relawan itu mati dalam perjalanan mereka menuju gaza, maka sesungguhnya mereka mati dalam perjuangan, semoga syahid fii sabilillah... hari ini kita bisa prihatin jika rakyat palestin dibombardir Israel, tetapi ada kerusakan nyata di hadapan kalian dan kalian diam saja??? Umat Islam tinggalkan sholat, tetangga kita tidak sholat, dan itu jauh lebih dahsyat kerusakannya daripada mati dalam perang..." (huffff, mulai naik nih ritmenya... lanjut kaanggg)

"kita berkumpul di sini hendak pikir tentang apa yang kita persiapkan untuk kehidupan akherat kita, mari kita buat usaha, agar diri kita, keluarga kita, tetangga kita semua mengamalkan agama secara sempurna tanpa kecuali.. caranya dengan cara yang dahulu dilakukan oleh rasulullah saw, qulu qoulan syadida yuslih lakum a'malakum... sampaikan perkara yang baik maka ALLAH swt dengan caraNya sendiri akan memperbaiki amalan kamu, kalian sekalian punya tanggung jawab untuk sampaikan perkara agama, kalian sekalian bertanggung jawab atas kemunduran agama pada umat ini.. sebentar lagi liburan sekolah, siapkan diri untuk mengunjungi saudara kita, mendatangi mereka dan sampaikan perkara agama.. kita buat kerja yang dahulu dilakukan oleh rasulullah saw dan para sahabat ra ajmain, sampaikan agama hingga ke pelosok negeri, ke seluruh dunia, agar kemenangan yang dulu pernah diraih oleh rasulullah saw dan para sahabat ra ajmain akan dikembalikan lagi pada kita semua.. wallahu a'lam"

Kultum selesai, lalu ditutup do'a kifarah majelis... beberapa anak asrama punya keluangan waktu, diri, dan sedikit bekal mereka untuk mendatangi saudara-saudara di malang selatan yang sedang dimombardir dengan pemurtadan, semoga mereka diberi kekuatan iman dan hidayah dari ALLAH swt untuk tetap iman dengan keterbatasan mereka... la ilaha ilallah, la quwata ila billah.. bismillah

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...