Wednesday, May 28, 2008

Jomblo sejati

Andai Istriku Bekas … (Jomblo sejati - Bagian 3)

Aku sedikit menekuk dahiku, ceritanya Dave koq jadi begini yah .. Dave cerita tentang masa lalunya, sempat aku berfikir kalau Dave bisa seberuntung ini karena tampang doang, coba dia bukan keturunan Jerman, pasti gajinya lokal sama seperti aku ...

John: Sewaktu Pak Robert pesen cewek, trus sikapmu bagaimana ...?
Dave: Itu awal petualangan ’cintaku’
John: Kamu ikutan ya Dave ...
Dave: Iya, tapi aku nggak seperti Pak Robert, aku cukup ’setia’ dengan satu cewek saja
John: maksudnya ...
Dave: Setiap ke Surabaya dan Pak Robert pesen cewek, aku juga ditraktir tapi aku selalu pilih orang yang sama, aku hanya menginginkan gadis Manado bernama Fellicia
John: Waw, pasti dia cantik banget ya ...
Dave: Cantik, putih, tinggi, cerdas, tapi beda nasib ... dengan keterbatasannya, dia terpaksa ’jualan’, tapi aku suka padanya. Pak Robert sampe hafal, setiap kami ke Surabaya Pak Robert juga yang Booking Feli untukku
John: No comment, eh ... terus petualangan cintamu berakhirnya kapan?
Dave: Saat aku lulus kuliah dan melamar kerja di kantor kita secara resmi, tentu saja langsung diterima, lalu aku minta ditugaskan di Surabaya
John: Itu sudah lama banget ya, aku belum gabung dengan kantor ini dong
Dave: Iya betul, kamu belum ada. Sewaktu aku pindah ke Surabaya, aku diberi rumah dinas, mobil dinas, dan beberapa fasilitas lainnya. Malam pertama di Surabaya, aku langsung nyamperin tempat tinggal Feli, tapi nggak ketemu dia, aku hanya bertemu keluarganya ...
John: Lalu ...
Dave: Ceritanya tragis, Feli sudah meninggal dalam kecelakaan mobil sepulang kuliah satu bulan sebelumnya, itu yang membuat aku sedih ...
John: Lho, dia anak kuliahan juga
Dave: Iya, dia kuliah sambil ’kerja’, sempat dia janji bakal ninggalin ’dagangannya’ kalau sudah lulus kuliah. Feli ingin sekali seperti orang kebanyakan, hidup normal dan tidak ‘jualan’ ...
John: Takdir… ya begitu itu ...
Dave: Aku sempet shock, gak bisa konsen dan jadi pemurung …
John: Lama jadi pemurung? lalu akhirnya bagaimana?
Dave: Akhirnya aku selalu dapet tugas luar, kerjaannya hanya presentasi, nggak pernah dapet tugas disain atau merancang … hanya modal tampang
John: Iya, keputusan kantor betul banget, supaya kamu punya suasana yang beda di luar dan lupakan Feli, dia meninggal juga bukan salah kamu, itu semua maunya Dia …
Dave: Saya selalu menyalahkan diriku, tapi karena kata-kata Feli juga aku pengen banget tobat, aku ingin kembali ke Jalan yang disukaiNya, aku mulai deket dengen masjid ...
John: Ciyee, bule nyasar … di masjid ngapain aja
Dave: Belajar sholat, belajar baca Qur’an, ikut ceramah agama ...
John: Pendapat orang-orang di masjid bagaimana, bagus …?
Dave: Mungkin karena masjid yang aku datangi adalah masjid kampus, makanya mereka terbuka dan tidak perduli dengan tampangku yang bule, mereka menerima aku dengan tangan terbuka ...
John: Masjid di kampus mana, di Surbaya kan banyak banget kampus …
Dave: Di kampusmu ...
John: Haaaa, kampusku … iya-iya betul, aku juga pernah liat bule sholat jum’at di kampusku, itu kamu yah, tapi waktu itu kamu pake jubah, surban dan asesoris seperti wali begitu
Dave: Ha ... ha ... itu sudah lama sekali, aku masih simpen semua surban dan jubahku, di kampusmu juga aku melihat kamu John
John: Maksudnya …?
Dave: Aku yang menempel pengumuman lowongan pekerjaan di Masjid Kampusmu, aku tau sejak lama kalau kamu kuliah di Jurusan Arsitektur, aku suka gayamu John, sepertinya bisa menguatkan aku kalau kita jadi teman sekantor
John: Gila, aku nggak nyangka kamu begitu perhatian ke aku Dave, tapi Dave ... aku ingetin ya, aku memang belum nikah, tapi aku normal banget ...
Dave: Ha.. ha ... yang mau menikahi kamu itu siapa, aku hanya berfikir kalau lingkungan kerjaku itu tidak islami, aku butuh teman yang bisa menguatkan agama yang baru aku dalami, sewaktu kamu masukkan surat lamaran, aku yang bertugas periksa surat lamarannya, semua saingan beratmu aku buang filenya, akhirnya skenarioku berhasil, lagian Mbak Desi bagian HRD aku ajak makam malem baut meloloskan skenarioku ’mendapatkanmu’ ...
John: Hiks ... jadi terharu deh
Dave: Jangan GR dulu gundul, eh ... sekarang gantian dong, ceritamu bagaimana, koq sampai sekarang masih jadi jomblo sejati ...
John: Hiks ... aku masih terharu nih. Oh ceritaku ya, emmmm malu mau cerita, kapan-kapan aja
Dave: Lho, koq enak ... aku sudah cerita sampe mulut nih berbuih-buih seperti kepiting kehabisan oksigen, eh kamu nggak mau keluar ceritanya ... ntar aku pecat tau rasa
John: Wah, koq ngomongnya jadi begitu sih ... iya deh aku cerita
Dave: Gitu dong, itu baru jomblo sejati ... he ... he ... ceritanya harus runtun, supaya aku bisa rasain apa yang kamu rasa, seumur-umur aku nggak pernah punya gelar jomblo
John: Kurang ajar, awas ya ... emmm, untuk urusan cewek, sebenernya tampangku nggak jelek-jelek amat kan Dave, sewaktu kuliah aja yang suka aku banyak, tapi selalu aku tanggapi dengan hambar
Dave: Siapa yang suka sama kamu, ibu penjual nasi pecel depan kampusmu yah, uih serasi banget tuh buat kamu ...
John: Enak aja, ... mungkin aku yang terlalu selera tinggi, aku suka cewek yang cantik, pinter dan juga seksi, tapi yang paling penting, aku suka cewek yang ngerti agama, sebab kamu tau kan kalo untuk urusan agama aku pas-pasan, aku hanya bisa pegang perkara wajib saja, selebihnya ... mana ngerti, aku ingin ibu dari anak-anakku adalah ustadzah yang mengajari anak-anakku semua perkara tentang agama, baik buruk menurut agama, dan sebagainya. Aku ingin anak-anakku lahir dari rahim seorang sholehah
Dave: Luar biasa, cita-cita yang tidak pernah terfikir olehku ...
John: Tapi, model seperti itu bisa dapet di mana? Dunia ini rasanya sudah penuh sesak dengan ahli diskotik, bukan ahli qur’an dan sunah, seperti ingin temukan jarum ditumpukan kertas bekas di kantor kita ...
Dave: Di kantor kita ada tukang jahit yah ...
John: Halah, hanya permisalan ... lalu suatu ketika aku berjumpa dengan seseorang, sepertinya baik untuk jadi pendamping hidupku
Dave: Laki-laki atau perempuan?
John: Ya perempuan, memangnya kamu ... waria aja digodain
Dave: Eh, udah malem ... ceritanya sambil jalan aja yah, restorannya sudah mau tutup nih
John: Iya deh ...

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...