Sunday, June 8, 2008

Aku Arsitek

Andai Istriku Bekas … (Aku Arsitek - Bagian 1)

Kenalkan, namaku John … sebenarnya Joko Sutikno, tapi temanku di kantor memanggil aku John, sehingga aku sampai sekarang lebih di kenal dengan nama John daripada Joko. Aku bekerja di kantor konsultan berskala Internasional, dan karena Internasional … di kantorku ada beberapa rekan kerja yang berasal dari luar seperti Australia, Singapura dan sebagainya. Aku sangat akrab dengan teman satu divisi di bidang perencanaan, Namanya David Al Bisri, memang agak aneh namanya, karena David merupakan peranakan Jerman Arab yang unik, ayahnya Jerman dan Ibunya Arab Albania. Awalnya aku kira dia tanpa ideology tertentu dalam memahami Tuhan, ternyata dia juga muslim seperti aku, hanya saja katanya dia baru akhir-akhir ini saja belajar tentang Islam dengan lebih mendalam. Aku biasa memanggil David dengan nama kecilnya, Dave … itu juga usulan dari David sendiri. Dave adalah seorang arsitek jebolan Institut Negeri dari Bandung. Dia termasuk Kakak tertua di kantor, walau posisinya hanya sebagai arsitek senior tapi Dave cukup dominan

Hari ini, wajah Dave tampak murung.. dengan Ayah Jerman dan Ibu Albania membuat Dave sebagai makhluk hasil peranakan Arab Eropa yang nyaris sempurna. Wajah tampan, body ateletis, rambut pirang, tapi jangan salah terka dulu ... Dave mahir berbahasa Indonesia, Jerman, Arab, Belanda, Sunda dan juga Jawa, tapi Jawa Timuran (Suroboyoan).

Pukul 11.00 siang di kantor, aku mengajak Dave makan siang sambil menanti sholat Dzuhur...

John: Dave, makan di kantin bawah yuk ..

Dave hanya mengangguk kecil sembari melirik arloji di tangan kirinya ... Aku coba menerka, ada apa gerangan dengan Dave, biasanya dia rame, suka usilin kerjaan di laptopku, tapi hari ini Dave jadi pendiam ...

John: Kamu ada masalah, dari tadi aku perhatiin koq murung aja, lagi bokek yah?
Dave: Ah nggak, biasa aja koq ..
John: Yaudah kalo nggak mau ngaku, nih jaman emansipasi Dave, hari gini cowok juga boleh kalo mau curhat
Dave: Capek deh, ntar aja ceritanya .. Tapi, nih yg bayar makan siang kamu kan John ..!
John: Ya iya lah, tadi aku kan sudah bilang ...
Dave: Ok deh, sip sip sip .. Gratis nih

Selesai makan siang, kami bergegas ke masjid utk sholat dzuhur berjama'ah. Selapas sholat, kami mulai bercerita kesana kemari, dan akhirnya Dave cerita tentang masalahnya ...

Dave: Aku lagi bingung John
John: Bingung apaan? Seharusnya yang sering bingung itu aku .. Gaji lokal, kalo kamu gaji dollars, gajimu hampir 10x gajiku, tapi koq pake bingung sih
Dave: Hmmm (menghela nafas) .. Aku lagi ada masalah dengan istriku ..
John: Hi … hi …, lho .. kamu ntuh normal ya Dave, kirain gay yang suka sejenis
Dave: Enak aja kalo ngomong, tapi beneran ... Aku lagi ada masalah di rumah ...
John: Masalah pribadi ya, aku nggak perlu tau kan!
Dave: Memang sebaiknya jangan tau, tapi aku nih sudah strees dengan masalahku sekarang
John: Kalo boleh tau, emmmm .. masalahmu kira2 apaan yah ...
Dave: Hmmm (menghela nafas) .. masalah 'ranjang', istriku tidak pernah semangat kalau bercumbu denganku, kadang2 dia bilang tidak nyaman, sakit, dll .. aku kan jadi serba salah
John: Ups, wah-wah .. kalo yg satu itu, meneketehe .. bukan bidang keahlian saya, menikah aja belum
Dave: hmmm (menghela nafas) .. sebenarnya aku punya rahasia, tapi jangan diceritain ke orang-orang yah ... janji nggak akan ember bocor
John: Sip, janji ... Biar disamber geledek bareng2, janji nggak akan ember bocor
Dave: Sumpe lo, (tersenyum hambar, lalu) ... sebenernya aku punya dua Istri, itu juga karena aku tidak ingin berzina ‘lagi’, makanya aku punya istri ke dua .. tapi ternyata dua2nya bersikap sama, sepertinya enggan melayani aku .. Aku bingung, salahku di mana ..
John: (bengong) .. Kamu punya dua, satu aja nggak habis-habis trus sekarang cerita kalo punya dua istri, gubrak .. aku mau pingsan aja nih
Dave: Iya, dulu aku fikir ini salah satu solusi terbaik, tapi ternyata ... Setiap berhubungan, aku selalu kecewa, the other side ... aku juga tidak sanggup kalau harus sakiti istriku ...
John: Dave, sumpah .. Aku nggak punya solusi utk masalahmu, kamu punya masalah. Aku juga punya masalah. Kalau kamu dengan istri-istrimu, tapi masalahku karena gak punya istri ...
Dave: Sudah ah, capek difikirin terus, balik ngantor yuk, sudah mau jam satu siang nih ..
John: Ok deh, by the way .. bersambung yah ...
Dave: Bersambung? nggak janji ...

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...