Friday, April 4, 2008

Mimpi indah di kelas matematika

Pagi yang indah, bentang sawah depan kelasku bagai hamparan permadani hijau, indah sekali. Semilir angin sepoi-sepoi menerjang silih berganti .. Uuugh, bikin ngantuk aja.

07.00 WIB, Esok hari
Wajah Anya tampak layu, badan lemas mata sayu .. Semalem Anya begadang, ‘belajar’ matematika sampe larut, PR matematika banyak banget, 30 nomer .. uih, pusing, 1 nomer aja bisa ½ jam sendiri ngerjainnya, bagaimana kalo 30 nomer …

20.00 – 22.00 WIB, Malam penuh arti
“Ajarin aku dong”, kalimat standar yang selalu diucapkan oleh Anya kalau sedang butuh teman berbagi soal. Hampir semua teman di pondok putri disamperin, ya tentu saja bukan mereka-mereka yang masih satu species dengan Anya seperti Mila, Hilda, atau Hablana. Tanya ke mereka, sama juga bohong, paling juga jawabannya standar, “meneketehe”.

23.57 WIB
Begitu display yang ditunjukkan oleh handphone Nova, sudah begitu larut, … hiks .. PR baru rampung 15 nomer, “duh gimana nih, yang lain sudah pada molor tinggal aku sendirian nih..” Anya berfikir sejenak dan, “Aha … nyontek punya miss math aja ah, sort cut .. kenapa nggak dari tadi ya, uuuuuuh sebel ..” Bergegas Anya mendatangi kamar Labibah dan dengan pasang wajah sayu, sendu, dan pokoknya yang jelek-jelek semuanya tumpuk jadi satu, “Mbak … …, pinjem PR matematikanya dong, aku belom selesai”, begitu rayuan pembuka Anya, jebret .. pucuk dicinta PR-pun tiba, ternyata tanpa ba bi bu langsung dipinjemin. Wajah Anya sumringah, “waaah, makasih banyak mbak, aku do’ain masuk surga bareng anak-anak pondok putra deh, thanks ya …”, sisa-sisa tenaga dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menyalin ulang 15 soal yang tersisa.

01.00 WIB, Dini hari
Satu jam jibaku menyalin PR, akhirnya selesai juga. Senyum kemenangan mengembang di wajahnya, bantal … oh, kau tampak begitu seksi, kalah deh mas Justine Timberlake … tapi by the way, Anya memang biasa memanggil bantal birunya dengan sebutan ‘justine’. Setelah menutup rapi buku PR matematika dan mengembalikan hasil pekerjaan miss math, Anya tidur nyenyak, terlelap, hingga … teeeeeet … teeeeet … teeeeeet … bel tanda sholat malam dibunyikan, “huaaaaa”, Anya berteriak lantang, “aku kan baru tidur sebentar, yang pencet bel salah lihat tuh”, lalu Anya melanjutkan ritualnya dan kembali ndelosor, nyam … nyam … nyam …

03.05 WIB
Baru 5 menit ndelosor, Pak Nuruddin telah berdiri di depan kamar dan … dok dok dok …, pintu diketuk keras, “hey, ayo bangun, semua banguuuun ..”, gelegar suara Pak Nuruddin memaksa Anya tinggalkan ‘justine’, dengan mata masih tertutup sebagian, Anya berjalan gontai menuju kamar mandi, bersihkan sisa iler dan tentu saja tidak lupa download limbah metabolisme kemarin, ah … lega.

“MKGL (muke gile), baru tidur 2 jam, eh … sudah disuruh bangun” begitu gerutu Anya, dengan langkah lunglai, lengkap bersama semua atribut sholat, mukenah, serta sejadah pengganti ‘justine’ (Justine, maafkan Anya karena tidak bisa setia, di musholah kamu gak boleh ikutan, walau aku bersama sajadahku ini tetapi sungguh Justine, kau saja teman dalam setiap malam yang datang untuk selimuti kita berdua, I love you Justine, muah2 … Anya), eh hampir lupa … contekan imriti, ya iya lah .. ntar kalo abis Subuh trus ditanyain hafalan IM3, waah bisa berabe, nyontek … gue banget …

Sholat subuh sudah selesai, duuuh ada kelas mu’adalah nih sekarang, dengan mata 5 watt dan setengah terbuka, Anya mengikuti kelas mu’adalah. Berkali-kali kepalanya manthuk-manthuk karena ngantuk, tapi semua segera berlalu …

06.20 WIB, Sebelum Upacara
Hueeee, rada sueger, abis mandi nih trus beres-beres percantik diri, dempul wajah sana-sini, tidak lupa deodorant bubuk pada lipatan tubuh yang penuh kelenjar, emmm setelah terasa agak cantik (sebenernya gak ada bedanya, tapi … biar deh Anya ngakunya agak cantik, hanya agak koq … don’t worry, miss Jubel is the best), and jreng … eng ing eng, ‘bidadari’ turunkan berat badan, (eh maaf pembaca) … ‘bidadari’ turun dari khayangan, dengan wajah kinclong penuh percaya diri, abis ngelembur PR matematika booo, pokoknya PD abis …

Biasanya nih, jam matematika jadi jadwal yang nyebelin, jutek abis, untung aja gurunya cakep, tapi kali ini, fuiiih … tiap detik menanti jam matematika begitu mendebarkan …

10.15 WIB, Jam Istirahat
Teeeeeet … teeeeet … teeeeeet … bel waktunya istirahat pelajaran, 15 menit tidak disia-siakan Anya, walaupun sedang program ‘diet’ ketat, tapi kalo urusan mampir ke warungnya Mak Yati, waduh … penting banget, don’t miss it. Bakwan tiga, pisang goreng 5, snack bungkusan 1, nyumi .. nyumi, enyak … enyak … enyak … pokoknya gak pake bagi temen-temen lainnya, it’s mine.

11.30 WIB, Jam Matematika
Wajah Anya di-setting begitu mempesona, semua potensi diri dicurahkan untuk tetap duduk tegap dengan sempurna, PR sudah rampung, kalo ditanyain Pak Doel, he… he… siapa takut, jangankan Pak Doel tanya, kalaupun seluruh guru matematika datang hari ini, semua akan aku hadapi … hua .. ha … ha … (Anya lagi ngapain, kesambet?)

11.31 WIB
Bidang datar di hadapan Anya begitu menggoda, pipi nyempluk yang menempel di wajahnya coba dia sandarkan dengan perlahan, “alamak, enak banget baring walau hanya begini doang, jadi kangen sama ‘justine’, ah pake jemari gendutku aja ah …”

11.32 WIB
Perut penuh dengan jajan dari warung Mak Yati telah pengaruhi jiwa Anya, kesadarannya, semangat juangnya tadi pagi, semua pupus, Anya tertidur di kelas matematika. Walau tanpa ‘justine’, Anya telah ‘sukses’ tidur linier dengan bidang datar di hadapannya, Anya tertidur di kelas matematika …

Pak Doel, guru matematika kami tersayang telah tiba di kelas, walaupun gak pernah punya buku pegangan matematika, Pak Doel selalu PD kalau ajarin kami ilmu hitungan. “Syifa, pinjem buku matematikanya”, gitu deh … Pak Doel pinjem ‘kitab kuning’ matematika punya Syifa.

“Ok, hari ini temanya adalah ‘problem solving’, kita hanya akan membahas soal-soal saja, ada pertanyaan silahkan tanya, halaman berapa, nomer berapa, langsung ke depan dan kita bahas bersama, tapi harus tertib dan satu-satu”, pelajaran matematika segera di mulai.

Imel si putri Madura mengawali bertanya, dia acungkan tangannya dan dengan logat khas Madura Imel mulai bertanya, “saya mau tanya Pak, latihan 3, nomer 7, BAB Logaritma Pak”. Logat khas Imel begitu menggelitik, jadi inget komedian Kadir partnernya Doyok kalo sedang ngelawak.

Mila yang duduk tepat di hadapan meja guru sibuk cekikikan menahan tawa, walau sudah ditutup dengan kedua tangan tetap saja tawanya terdengar. “Mila, kamu yang kerjakan di white board”, hardik Pak Doel untuk hentikan tawa Mila, “lho Pak, koq saya sih Pak, saya kan nggak ngerti logaritma, makanya saya duduknya di depan, ini juga switch tempat duduk dengan Sari”, “Kalo nggak ngerti jangan cengengesan”, sahut Pak Doel.

12.00 WIB
Sibuknya kelas dan hiruk pikuk kelas matematika tidak cukup keras untuk bangunkan tidur Anya. “Pak, Anya bobo di kelas, dibangunin …?”, Alien minta persetujuan P Doel untuk bangunkan Anya, “Ney, jangan dibangunakan, biarkan saja … mungkin semalam dia begadang, sholat tahajut dan baca qur’an sampe larut, biarkan dia tidur sampai kelas kita usai”.

Anya sudah sampai ke awan, dalam tidur lelapnya Anya bermimpi indah, dia berlari kesana kemari, senang hati karena 30 soal PR matematika sukses dia ‘kerjakan’, hanya tinggal dikumpulkan di meja guru, beres deh. Sembari berlari dengan hati berbunga, Pak Doel guru matematika kelas satu datang menghampirinya, masih dalam mimpinya, “Anya, PR matematikamu sudah selesai?”, “sudah banget Pak”, Anya menjawab penuh percaya diri, “kalau begitu kamu berdiri di depan kelas …”, “lho, koq disetrap, saya sudah kerjakan PR, koq saya dihukum, apa salah saya Pak …?”, Anya kebingungan, dan mencari pembenaran. Lalu Pak Doel menjawab, “karena kamu tidur di kelas saya, jadi sekarang kamu dihukum”.

“Maaf Pak, semalem saya begadang, saya ngerjain PR matematika sampai larut malam, makanya sekarang saya lelah sekali … ”, beribu kalimat keluar dari mulut Anya untuk membela diri, tapi kemudian dengan serta merta … teeeeeet … teeeeet … teeeeeet … tanda kelas matematika telah usai, begitu pula dengan jadwal sekolah.

13.30 WIB, Pulang sekolah
Bunyi bel sekolah sadarkan Anya dari tidur siangnya, mulutnya masih nyerocos dengan kalimat-kalimat pembelaan karena tidak terima kalau harus disetrap di depan kelas. “Hi … hi … hi … hoey bangun, sekolah sudah bubar, molor aja …”, komentar Rara menjadi info paling berharga, juga menjadi pencetus kembalinya kesadaran Anya hingga 100%, setelah puas tidur di kelas matematika.

“Alhamdulilah, kirain beneran … eh hanya mimpi, duh aku mimpi dimarahin Pak Basong, untung hanya mimpi, eh Pak Basong kemana …? Sudah pulang belom, harus cepet-cepet minta maaf neeeh …”, celingak-celinguk Anya pasang mata mencari Pak Doel, eh rupanya sedang nongkong bareng para santri di teras kantor.

Anya bergegas menghapiri Pak Doel, “Pak, maafin Nya ya, tadi ketiduran di kelas, trus Pak Basong marah-marahin Anya di dalem mimpi … Bapak marah ya sama Anya …, janji, sumpah, suer nggak bakal diulangi lagi deh”. Pak Doel mulai angkat bicara, “Anya, kamu cape sekali ya, ngelembur, sholat tahajud sepanjang malam, atau ngapain aja kamu?”, “Iya Pak, semalem saya begadang ngerjain PR matematika, janji deh nggak kejar tayang lagi kalo ngerjain PR matematika, tapi maafin Anya ya …!”.

“Anya dengerin, semua kesalahanmu yang kemarin, yang hari ini atau yang akan datang sudah saya maafkan, bersyukurlah kamu bisa sekolah di sini, sekolah internasional … gak semua orang bisa masuk sekolah ini, jadi manfaatkan dengan baik, jangan suka bandel, tapi selama kamu masih merasa sebagai pelajar, maka kamu akan selalu mendapatkan manfaat yang sempurna dari ilmu yang kamu dapatkan di sini”. Mata Anya berkaca-kaca, tapi bibirnya tersenyum, haru campur geli bersemayam di hatinya, haru karena ternyata Pak Doel tidak marah seperti dalam mimpinya, hi … hi … hi … beda banget, untung marahnya hanya dalem mimpi, tapi koq kerasa banget ya …

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...