Friday, April 4, 2008

Wajah model, body bantal

Ahad pagi, semua santri putra sibuk dengan urusannya masing-masing, Kamal ... he … he …, sudah bisa ditebak dia lagi ngapain, Fuad lagi wiridan (tumben banget …), Zulfan lagi belajar … maklum lah, mempertahankan harga diri, jangan sampe rangkingnya kesalip (akhi9rnya kesalip juga kan ..!), Fahmi sedang susah hati, biasalah … pulsanya abis, jadinya wafat deh handphonenya, susah hati karena gak bisa “say hello to soulmate” (cape deh), Kaisar hari itu bangun sejenak lalu membaca do’a “bismaka allahuma ahya wa bismaka amutzzz zzzz zzz zzz”, dia melanjutkan tidurnya (hi3, seperti anak putri aja deh), sedangkan yang lain … lari turun gunung karena mau main bola, rame deh include Mr Cecep, Mr Rozi, Mr Kholis, Mr Basong ikutan juga turun gunung, bahkan Mas Andi sampe lupa dengen pos jaga, ikutan main bola di bawah.

Pertandingan bola seru banget, Pak Kholis menguasai bola, melewati Saychu dengan aman, karea Saychu sedeng hinggap kesadarannya, sehingga rasa sungkan pada Pak Ustadz menyelubungi hatinya, tapi saat ingin melewati Agus … brak, kaki beradu kaki, “amit Ustadz …” begitu seru Agus sebelum merebut bola dari kaki Ustadz Kholis. Saychu hanya bisa melotot melihat tingkah Agus, sedangkan Pak Kholish hanya bisa geleng-geleng kepala melihat tingkah santri “durhaka” …

Pertandinganpun usai, leyeh-leyeh sambil menghirup udara pegunungan yang tidak segar lagi, he … he … karena bercampur bau keringat dan ketiak masing-masing. Pak Basong dan Mr Cecep bergegas kembali ke pucuk gunung karena takut ketularan, ...

Saat antri kamar mandi, sebagian besar menunggu di depan kantor sekolah, ada juga yang gangguin Kamal luluran, nongkrong di warung bawah, dan ada juga rebahan rata tanah di depan teras. Pak Basong melotot melihat mereka mengotori teras kantor dengan keringgat, ”hoey, maksud elo ...? pindah, ngaleh2, bau keringet tiduran di teras kantor, emangnya kamarmu apa? ...” karena diusir, akhirnya mereka geser ke depan kantor, depan kolam, bawah pohon, dan sebagainya.
Terjadi diskusi garing di antara mereka, he ... he ... kali ini rada tumben sih, ngegosipin anak-anak putri, emmm, pencetusnya karena ada koran teronggok di teras kantor, lalu beberapa mata melihat model iklan operator telpon seluler Rp 1/detik. Mata Agus memandang tanpa berkedip, Mustain ... air liur sampe netes-netes karenanya, Miftah hanya bisa istighfar sembari curi-curi pandang, kemudian datanglah Pak Rozi yang celingukan cariin koran dua hari yang lalu, ”hey, siapa yang ambil koran di atas meja saya, saya belum baca semua, ada kolom kontak jodohnya tau”, anak-anak yang sedang setangah sadar saling pandang, lalu melipat rapi koran dan mengembalikan koran ke meja Pak Rozi ... fuiiih, nyaris ...

Pandangan sebagian anak putra masih kosong, karena hati mereka penuh terisi dengan wajah cantik model iklan operator seluler ... Agus mulai berkomentar, ”andai iya milikku, kan kujaga selalu, hingga nyamuk sekalipun tak bisa menyentuhnya”, Romdhon menyahuti kalimat serius Agus, ”wahai Agus, gak mungkin banget dia suka padamu, Agus ... cobalah engkau sadar diri ...”, ucapan Romdhon di sambut amiin oleh para ahli majelis, ”amiiiii, betul sekali, kasihan banget kalo cewek secantik itu bisa terperosok dalam lembah kenistaan karena mendapatkan Agus, Ya Tuhan yang Maha Baik, lindungilah dia dan orang-orang yang seperti dia dari cengkraman Agus ....”. Agus hanya bisa menahan marah dalam dadanya, ”Grrrrrrrr...”.

Mustain mulai membuka diskusi, ”eh, tau nggak, sebenernya anak-anak putri angkatan kita itu banyak juga lho yang pantes jadi model”, sebagian anak putra saling pandang penuh keheranan, tapi ada juga yang spontan cekikikan, ”hua ha ... ha ... matamu picek, mana ada anak putri yang secantik model tadi, ...” begitu Romdhon menyahut. Lalu Mustain memberi penjelasan, ”eh, siapa bilang tentang wajah, ini tentang model iklan lah, misalnya Nina ... cocok tuh jadi model iklah lem tikus, kan ada produk lem tikus .... em, apa yah mereknya, buy go on apa yah, yang gambarnya queen size coba lepasin kakinya yang lengket di lembaran lem tikus, cocok kan ... apa lagi kalo ditambah Alien, Hablana, Imey, dll ... iya nggak”. ”Oh maksudnya yang begitu, saya pikir lebih cocok jadi model iklan produk penambah berat badan, atau obat penambah lingkar perut ...” begitu Adi menimpali. Anak-anak putra mulai cekikikan, ternyata mereka jago juga ngegosip.

Kemudian Pak Basong nimbrung, ”Eh, bagaimana kalo setiap anak putri kita scoring, kita beri nilai ...”, Romdhon kurang faham, lalu bertanya, ”maksudnya bagaimana Pak?”, lalu, ”maksudnya begini, kita beri nilai menurut beberapa variabel, tapi saya batasi hanya pada aspek fisik saja, jadi aspek yang terlihat dengan mata saja, seperti alis, mata, hidung, bibir, proporsi tubuh, termasuk dandanannya juga”, anak-anak cowok mulai antusias, Agus mengeluarkan kertas dan pensil, ”coba beri contoh Pak, ntar kami yang ngelanjutin...”, ”ok, saya beri contoh, nih kertas kosong saya garis vertikal dan horizontal sehingga seperti matriks atau tabel, penilaian kita batasi 5 skala, 1-5 dengan 1 untuk nilai sangat buruk sedangkan 5 untuk nilai sangat baik, ok setuju semua”, audience kompak berseru, ”seeetuuujuuuuuuu”, .... Pak Basong melanjutkan, ”sedangkan untuk aspek terlihat yang kita pilih adalah, mata, hidung, bibir, alis, bentuk wajah, proporsi tubuh, dan juga dandanan, semua tadi kita sebut sebagai variabel penilai, dan kita tuangkan dalam kode tertentu dalam kertas”, sebagian mulai bingung, tapi Zulfan protes, ”tapi Pak, cewek itu kan bukan hanya tampilan luar saja, inner beauty bagaimana?”, Pak Basong melotot, ”makanya dengerin, saya hanya membatasi pada aspek fisik saja, biar nggak ribet”. Agus bertanya, ”tapi Pak, kalo kita meberi nilai kepada mereka, apa tolok ukurnya, harus ada yang perfect dong ... ”, Pak Basong terperanjat dengan tanya Agus, ”tumben kamu pinter Gus, tadi kepalamu kena bola yah? By the way, bener banget, dan yang kita jadiin gadis sempurna itu adalah si model iklan operator seluler, bagaimana, setuju”. Adi menyahut, ”lho, Bapak liat juga ya sewaktu kami melototin koran tadi”, senyum kecil mengawali jawaban, ”ya iya lah, koran sampe lecek begitu, trus halaman yang ada gambarnya ntuh kan sampe kucel karena kena tangan kalian ...”.

Wah, seru nih ... jadi penasaran ..., Babasong melanjutkan penjelasannya, ”sebelum saya lanjutin, semua ambil jarak dulu, jangan terlalu deket”. Agus protes, ”lho emang kenapa Pak?”, Saychu menimpali, ”Iya Pak, kami kan pengen deket-deket kalo Bapak sedeng explain sesuatu ...”. Pak Basong melotot, ”grrrr, kalo dibilang ambil jarak, mundur sana, kalian tuh abis olah raga, jadi bau keringet tauuuu”. Anak cowok hanya cengengesan lalu mundur dua langkah serentak.

Kemudian, ”Sebenernya bisa juga pake aspek tidak terlihat, misalnya sifatnya ...”, Zulafan bertanya, ”emang bisa tau Pak”. Lalu, ”emmm, more and less bisa sih, mau bukti ... hi... hi... hi..., tapi jangan sewot yah … ada diantara kalian yang nggak Pake underwear, betul kan …”. Semua terdiam, lalu mereka serentak tertawa lebar, ”hua ha ha, bener banget Pak ...”, tapi sebelum mereka sebut nama seseorang, langsung dicegah, ”stop, jangan dilanjutin, jangan sebut nama atau tunjuk orangnya, ntar anaknya malu ... lalu ada diantara kalian yang naksir berat sama ... (tiiit sensor), bener kan”. Semua saling pandang, dan ... ”iya Pak, bener banget, hayo ngaku yang sedeng fall in love ... hua ha ha, sampe semua buku catetannya tuh ada namanya, yeek bikin malu aja, merendahkan martabat anak cowok ...”.

Adi penasaran, ”koq bisa tau sih Pak ...”, Pak Basong melanjutkan ceritanya, ”semua itu ada pintunya, mata, telinga, hidung dan mulut semua itu adalah pintu, sedangkan muaranya ada di hati ...”. Kalo kamu sering sebut satu nama, maka akan berbekas bahkan mengakar di hati, misalnya Agus sering menyebut nama Mak Yati, maka sebagian sifatnya akan kamu miliki dan namanya akan tertancap di dalam hatimu” .... ”waaaaa, Mak Yati booooo”, anak-anak semua tertawa, sedangkan Agus hanya melotot menahan marah, ”stop, ini hanya misal saja ... jadi, alangkah baiknya kalo kita itu tiap detik bisa dzikir mengingati NamaNya, bersholawat atas Nabi SAW, itu jauh lebih bermanfaat dari pada mengingati nama cewek ...”. Semua serentak hening, dan ... ”ok, saya lanjutkan dengan metode scoring, in this case memang kita ambil satu contoh cewek sempurnanya adalah gadis model operator seluler, kita singkat aja menjadi GEMES, and semua variabel yang ada pada GEMES kita beri nilai sempurna, yaitu 5 ...”

... (bersambung)

No comments:

Post a Comment

Ingin berkomentar? cerita yang baik-baik saja, karena DIA suka dengan hal yang baik-baik. Siapa yang membuka aib, maka di akherat ALLAH akan membuka aibnya ...